AMPHURI Keluhkan Biaya Karantina Mandiri Jemaah Umroh Capai Rp 5 Juta

AMPHURI Keluhkan Biaya Karantina Mandiri Jemaah Umroh Capai Rp 5 Juta

Jakarta – Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI) mengeluhkan adanya karantina bagi jemaah umroh yang baru tiba di Indonesia dengan biaya karantina mandiri. Ketum Amphuri Firman M Nur mengatakan aturan tersebut berlaku bagi seluruh warga Indonesia yang baru melakukan perjalanan dari luar negeri.

Petugas Kesehatan saat melakukan tes PCR terhadap jamaah umroh di Madinah
Petugas Kesehatan saat melakukan tes PCR terhadap jamaah umroh di Madinah

“Jadi seluruh warga negara Indonesia yang pulang dari luar negeri diberlakukan karantina 5 hari, di awal ketentuan itu bersifat ditanggung pemerintah. Kemudian ketua satgas mengumumkan surat selanjutnya hanya TKI dan pekerja migran serta pelajar saja, sedangkan yang lain sifatnya berbayar karantina mandiri dengan ketentuan karantina tersebut dengan hotel yang ditentukan, makanya timbul banyak biaya akhirnya,” ujar Firman saat dihubungi, Senin (25/1/2021).

Firman menjelaskan karantina dengan biaya mandiri itu dapat menjadi beban biaya tambahan. Menurutnya, biaya karantina selama 5 hari sekitar Rp 5 juta.

“Taksiran biayanya kalau rata-rata (kamar) single kalau dia Rp 1 juta (sehari), berarti Rp 5 juta, tapi kalau yang agak murah hotel bintang tiga bisa Rp 800 ribu. Berarti sudah Rp 4 juta ditambah dua kali PCR, itu berarti Rp 1,6 juta paling murah, Rp 800 ribu PCR paling murah. Berarti (total) bisa sampai Rp 5 jutaan. Betul kalau bintang lima bisa sampai Rp 9 juta,” katanya.

Baca juga :  Batas Maksimal Usia Umroh Bagi Warga Arab Saudi 70 Tahun

Firman menjelaskan selama ini jemaah yang sudah melakukan karantina mengeluarkan biaya mandiri rata-rata sekitar Rp 5 juta. Per jemaah menggunakan satu kamar hotel saat menjalani karantina.

“Rp 5 juta sampai Rp 6 juta, ya intinya kalau kamar Rp 4 juta, ya (harga total) Rp 5,5 juta-Rp 6 juta karena standar hotel bintang tiga dengan fullboard sekitar Rp 800-an ribu,” katanya.

Baca penjelasan lengkapnya di halaman berikutnya.

Leave a Reply