Arab Saudi Cabut Larangan Masuk Bagi Warga Negara Indonesia

Arab Saudi Cabut Larangan Masuk Bagi Warga Negara Indonesia

RIYADH – Arab Saudi mencabut larangan masuk bagi warga Indonesia. Sebelumnya, Arab Saudi menutup total akses masuk ke negaranya pada Februari sebagai cara untuk menekan laju penyebaran COVID-19.

Badan Konsuler Kementerian Luar Negeri Saudi mengatakan keputusan itu hanya berlaku bagi ekspatriat yang telah divaksinasi Covid-19 di Saudi sebelum pulang ke negara asal mereka.

Bukan hanya kepada Indonesia, total Saudi mencabut larangan masuk bagi 20 negara. Ke-20 negara tersebut adalah Uni Emirat Arab (UEA), Lebanon, Mesir, India, Argentina, Jerman, Amerika Serikat (AS), Indonesia, Irlandia, Italia, Pakistan, Brasil, Portugal, Inggris, Turki, Afrika Selatan, Swedia, Swiss, Prancis dan Jepang.

Ekspatriat yang ingin kembali ke Arab Saudi harus menjalani semua pengecekan kesehatan untuk memastikan mereka bebas dari infeksi, tambah agensi tersebut.

Warga dari ke-20 negara itu bisa masuk ke Saudi tanpa harus melakukan karantina, baik di Saudi ataupun di negara ketiga.

Baca juga :  Kemenag Akan Evaluasi Kebijakan Terkait Penyelenggaraan Umroh

Namun, seperti dilansir Al Arabiya pada Rabu (25/8/2021), mereka yang diizinkan masuk hanyalah yang sudah melakukan vaksinasi Covid-19 secara penuh, atau dua dosis.

Leave a Reply