Bacaan Doa Ketika Masuk Masjidil Haram Lengkap dengan Artinya

Bacaan Doa Ketika Masuk Masjidil Haram Lengkap dengan Artinya

Masjidil Haram adalah sebuah masjid yang berlokasi di pusat kota Mekkah yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Karena dipandamg sebagai masjid suci dan memiliki keutamaan dan keistimewaan, maka dianjurkan bagi seorang muslim untuk membaca doa ketika masuk Masjidil Haram.

Masjid ini juga merupakan tujuan utama setiap umat muslim dari segala penjuru dunia dalam melaksanakan ibadah haji maupun umroh.

Tentang Masjidil Haram

Masjidil Haram (bahasa Arab: المسجد الحرام) artinya masjid yang memiliki tanah haram di kota suci Mekkah yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Lantas kenapa disebut tanah haram? Para ulama menyebutkan karena di tanah tersebut berlaku berbagai ketentuan yang mengharamkan kita melakukan berbagai hal, seperti berburu, mengangkat senjata, termasuk haram bagi non muslim (kafir) masuk ke wilayah tersebut.

Seperti tercantum dalam QS At Taubah, Allah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya orang-orang yang musyrik itu najis, maka janganlah mereka mendekati Masjidilharam sesudah tahun ini,” (QS. At-Taubah: 28)

Kenajisan orang musyrik ini memang bukan najis ‘aini, sehingga jasad orang musyrik pada dasarnya tetap suci, bahkan bekas minum mereka pun tidak najis. Namun kenajisan mereka adalah najis secara maknawi.

Masjidil Haram dibangun mengelilingi Ka’bah yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dari seluruh penjuru dunia dalam mengerjakan ibadah shalat.

Masjidil Haram ini juga merupakan masjid terbesar di dunia, diikuti oleh Masjid Nabawi di Madinah al-Munawarah sebagai masjid terbesar kedua di dunia serta merupakan dua masjid suci utama bagi umat muslim.

Luas keseluruhan Masjidil Haram ini mencapai 356800 m2 (3841000 sq ft) dengan kemampuan menampung jemaah sebanyak 820.000 jemaah ketika musim haji dan mampu bertambah menjadi dua juta jemaah ketika salat Id.

Keutamaan dan Keistimewaan Masjidil Haram

Masjidil Haram adalah masjid paling bersejarah di antara masjid manapun di dunia. Bahkan Nabi Muhammad pun mengakui keutamaan masjid ini. “Dialah rumah pertama yang dibangun Allah SWT untuk ummat manusia” (QS.3:96).

Inilah salah satu dari tiga masjid yang diperintahkan Rasulullah kepada ummatnya untuk dikunjungi.

Dalam sebuah kesempatan Beliau bersabda: “Janganlah kalian bersusah payah dalam bepergian kecuali menuju tiga masjid; Al Masjidil Haram, Al Masjidil Aqsa dan Masjidku ini (Masjid Nabawi).”

Hadis ini menunjukkan bahwa Rasulullah amat menganjurkan ummatnya untuk mengunjungi ketiga masjid ini, dan Masjidil Haram adalah masjid peringkat pertama yang perlu dikunjungi setiap Muslim.

Masjid Al Haram adalah satu-satunya masjid di dunia yang terdapat di dalamnya terdapat bangunan Ka’bah Al Musyarrafah. Di mana setiap Muslim menghadapkan wajah dan hatinya ke arah yang sama sedikitnya lima kali dalam sehari.

Baca juga :  Arab Saudi Resmi Umumkan Haji 2021, Terbatas 60.000 Jamaah Domestik

Dalam sebuah hadits lain, Rasulullah menyebutkan: “Sungguh Allah menurunkan pada setiap hari dan malam 120 rahmat di Baitullah ini. 60 rahmat untuk orang yang melakukan tawaf. 40 rahmat bagi orang yang mendirikan shalat, dan 20 rahmat bagi orang yang memandang ke arah Ka’bah.” HR Thabrani.

Dari hadits tersebut bisa kita ketahui luar biasanya keutamaan menunaikan ibadah di sekitar Ka’bah di Masjidil Haram.

Selain itu keutamaan lainnya adalah berlimpahnya pahala. Setiap melaksanakan ibadah sholat di Masjidil Haram bernilai 100.000 kali lipat di banding sholat di masjid manapun.

Hal ini berdasarkan hadits Nabi Muhammad yang berbunyi: “Shalat di masjidku ini (Masjid Nabawi) lebih utama 1.000 kali lipat dibandingkan shalat dimanapun, kecuali Masjid Al Haram. Sebab shalat di Masjidil Haram bernilai 100.000 kali lipat dibanding shalat di Masjidku ini.”

Karena kesucian Masjidil Haram yang dijadikan kiblat umat muslim dari segala penjuru dunia, serta memiliki keutamaan dan keistimewaan, maka ketika akan masuk Masjidil Haram dianjurkan membaca doa.

Bacaan Doa Masuk Masjidil Haram

Dengan melihat banyaknya keutamaan nilai ibadah di Masjidil Haram, maka ketika kita sedang berada di tanah suci baik untuk menunaikan umroh ataupun haji, disunnahkan membaca doa ketika akan memasuki Masjidil Haram, Bagaimana bacaan doa nya?

Berikut Doa Masuk Masjidil Haram lengkap dengan teks Arab, latin dan terjemahan.

Teks Arab:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَالسَّلَامَ تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْجَلَالِ وَاْلإِكْرَامِ. اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَمَغْفِرَتِكَ وَأَدْخِلْنِيْ فِيْهَا. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى رَسُوْلِ اللهِ

Teks Latin:

Allahumma antassalaam, waminkassalaam fahayyinaa rabbanaa bissalaam wa adkhilnal jannata daarassalaam tabaarakta wata’aalaita yaa dzaljalaali wal ikraam. Allahummaftah lii abwaaba rahmatika wamaghfiratika wa adkhilnii fiihaa. Bismillahi walhamdulillahi wasshalaatu wassalaamu ‘alaa rasuulillaah.

Arti / Terjemahan:

Ya Allah Engkau sumber keselamatan, dan dariMu lah datangnya keselamatan itu semua. Maka sambutlah kami wahai Tuhan dengan selamat sejahtera dan masukanlah kami ke dalam surga negeriMu yang bahagia, Maha Pemberi berkat dan Maha Tinggilah Engkau wahai Tuhan yang punya keagungan dan kehormatan. Ya Allah bukakanlah untukku pintu rahmat dan ampunan, masukanlah aku ke dalam ampunanMu. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah salawat dan salam untuk Rasulullah

Umumnya ketika melaksanakan ibadah umroh, ustadz pembimbing dari Travel Umroh akan memandu untuk membaca doa ketika masuk Masjidil Haram.

Semoga Allah senantiasa memudahkan kita untuk bisa berkunjung ke dua masjid di tanah suci yaitu Masjidil Haram dan Masjid Nabawi, baik untuk melaksanakan ibadah umroh maupun haji. Aamiin Allahumma Aamiin

Leave a Reply