Cara Cek Online Izin Travel Umroh Resmi PPIU Akreditasi Kemenag RI

Cara Cek Online Izin Travel Umroh Resmi PPIU Akreditasi Kemenag RI

Pada artikel sebelumnya, kami pernah membahas tips memilih travel umroh dengan baik dan benar. Dimana salah satu tips nya adalah PASTI IZINNYA. Lantas bagaimana kita tahu izin resmi sebuah travel umroh? Jangan khawatir, kami akan berikan panduan cara cek izin travel umroh resmi atau akreditasi PPIU dari Kemenag RI dengan menggunakan aplikasi Umrah Cerdas.

Menunaikan ibadah umroh merupakan impian setiap muslim di seluruh dunia, termasuk umat muslim di Indonesia, karena adanya keistimewaan dan keutamaan ibadah umroh. Bukan hanya fisik yang dipersiapkan, namun secara materi juga dikorbankan untuk mewujudkan impian ke tanah suci. Kita pastinya berharap perjalanan ibadah umroh bisa mendapatkan rasa aman, nyaman dan khusyuk.

Tentunya pelayanan dari travel umroh lah yang menentukan kualitas perjalanan ibadah kita. Tidak dipungkiri sekarang banyak biro travel umroh yang menawarkan ragam pelayanan. Namun alangkah baiknya jangan hanya tergiur dengan biaya umroh murah saja tanpa melihat pelayanan dari travel umroh atau PPIU, termasuk izin resmi PPIU yang dikeluarkan oleh Kemenag juga harus kita perhatikan. Karena dengan kita memastikan izin travel umroh resmi dengan akreditasi  PPIU Kemenag, setidaknya kita bisa mendapatkan perlindungan, keamanan, dan kenyamanan seperti yang kita harapkan.

Pengertian PPIU

PPIU adalah singkatan dari Perusahaan Perjalanan Ibadah Umroh, yaitu biro perjalanan wisata yang telah mendapat ijin operasional dari Kementerian Agama RI untuk menyelenggarakan perjalanan ibadah umroh. Setiap travel umroh yang terdaftar di Kemenag RI akan mendapatkan nomor akreditasi PPIU sebagai izin legalitas travel umroh di Indonesia

Oleh karena itu, Kemenag RI menghimbau kepada umat muslim yang akan menunaikan ibadah umroh, sebalum memutuskan mendaftar ke travel umroh tertentu, agar terlbih dahulu memastikan izin akreditasi PPIU atau travel umroh tersebut.

Bagaimana kita bisa memastikan izin akreditasi PPIU atau travel umroh resmi ? Mudah saja, dengan menggunakan aplikasi Umrah Cerdas.

Sekilas Aplikasi Umrah Cerdas

Kementerian Agama melalui Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh pada bulan November 2016 telah meluncurkan aplikasi yang diberi nama “Umrah Cerdas”. Peluncuran aplikasi tersebut merupakan salah satu upaya Kemenag untuk menekan pertumbuhan agen-agen travel Umroh bodong.

Aplikasi ini dapat diunduh melalui play store platform Android dan IOS atau App Store Iphone, yang berisi tentang Informasi mengenai agen-agen travel Umroh yang telah memiliki izin atau tidak berizin dari Kementrian Agama. Jadi tidak usah khawatir, aplikasi Umrah Cerdas adalah aplikasi resmi milik Kemenag RI, bisa kita gunakan sebagai sarana kita untuk memastikan izin suatu travel umroh atau PPIU, cukup melalui smartphone kita kapan saja dan dimana saja.

Download Aplikasi Umrah Cerdas Untuk Cek Izin Travel Umroh Resmi

Untuk bisa memastikan izin travel umroh resmi, kita bisa menggunakan aplikasi yang dikeluarkan resmi oleh Kemenag RI ini bisa Anda download baik di Playstore (platform Android) dan Appstore (platform IOS/iPhone).

Link download aplikasi Umrah Cerdas kami sertakan di akhir panduan. Atau Anda bisa langsung download melalui Playstore atau Appstore.

Tampilan Awal Aplikasi Umrah Cerdas

 

Fitur Aplikasi Umrah Cerdas

Setelah Anda download aplikasi Umrah Cerdas di smartphone Anda, silahkan buka aplikasi tersebut. Dalam aplikasi ini juga memuat beberapa fitur pilihan, diantaranya Beranda, PPIU, Nomor Porsi Umrah, Regulasi, Pengaduan, Berita, Doa, Sanksi, dan Unduhan. Dan berikut ulasannya :

Baca juga :  Umroh Tahun 2021 Kembali Ditunda, Arab Saudi Berikan Alasannya

1. Beranda

Beranda merupakan tampilan bagian pertama dari aplikasi Umroh Cerdas ini. Dalam fitur beranda ini terdapat beberapa menu pilihan seperti PPIU, Nomor Porsi Umroh, Regulasi, Pengaduan, Berita, Doa, Sanksi dan Unduhan.

Tampilan Beranda Aplikasi Umrah Cerdas

2. PPIU

PPIU atau disingkat dengan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh merupakan fitur yang menyediakan daftar travel yang memiliki izin secara resmi dari Kemenag. Jadi ketika kita ingin melaksanakan ibadah Umroh, kita bisa mencari perusahaan yang memiliki izin secara resmi di aplikasi Umroh Cerdas ini. Sehingga dengan kita mengetahui travel mana yang sudah berizin, kemungkinan tidak akan menjadi korban penipuan.

3. Nomor Porsi Umroh

Fitur ini memuat tentang nomor porsi umroh yang telah terdaftar. Maksudnya kita bisa tahu dengan mencari nomor porsi keberangkatan umroh kita difitur ini.

4. Regulasi

Fitur regulasi merupakan fitur yang didalamnya memuat tentang peraturan Menteri Agama dan peraturan perundang-undangan tentang ibadah Haji dan Umroh.

5. Pengaduan

Fitur ini dikhususkan untuk kita yang memiliki kendala terkait keberangkatan Umroh ataupun kendala yang lainnya, dan juga ruang tanya jawab terkait Umroh. nantinya kita bisa mengadukan masalah kita di aplikasi ini.

6. Berita

Tentunya aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur berita. Kita bisa lebih up to date berita-berita terkait Haji dan Umroh. Baik tentang bagaimana keadaan jamaah Umroh yang berad di Arab Saudi ataupun berita-berita lainnya

7. Doa

Fitur ini memuat doa-doa pilihan tentang ibadah Umroh, baik niat Umroh, bacaan-bacaan selama ibadah Umroh, doa perjalanan dan yang lainnya.

8. Sanksi

Fitur ini memuat tentang sanksi-sanksi yang akan diberikan kepada biro travel jika melakukan kesalahan sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah

9. Unduhan

Fitur terakhir adalah fitur unduhan, fitur ini memuat unduhan-unduhan doa ataupun yang lainnya. Nantinya fitur ini bisa digunakan oleh pengguna dalam keadaan jaringan offline.

Cara Cek Izin Travel Umroh Resmi Melalui Aplikasi Umrah Cerdas

Sekarang kita akan membahas perihal pemakaian aplikasi Umroh Cerdas, dimana dengan aplikasi tersebut kita bisa cek izin travel umroh resmi yang terdaftar di Kemenag RI. Berikut caranya :

  1. Buka aplikasi Umrah Cerdas
  2. Ketika Anda sudah berada di tampilan Beranda, pilih fitur menu PPIU, maka akan muncul tampilan halaman yang menampilkan daftar PPIU atau travel umroh yang terdaftar resmi di Kemenag RI.
  3. Setelah muncul tampilan halaman daftar PPIU, pada kolom pencarian, ketik nama travel umroh yang hendak Anda cek izinnya. Contoh sebagai berikut :Cek Izin Travel Umroh Resmi
  4. Jika travel umroh yang Anda cari terdaftar sebagai travel umroh resmi, maka hasilnya akan seperti diatas. Tercantum nama travel umroh berikut nomor akreditasi PPIU nya. Anda bisa juga klik nama travel umroh hasil pencarian untuk mengetahui lebih detail informasinya, hasilnya akan seperti berikut :

Nah, itulah panduan cara cek izin travel umroh resmi atau akreditasi PPIU yang terdaftar di Kemenag RI, semoga dengan cara ini kita bisa lebih waspada dalam memilih agen travel umroh. Pastikan Anda mempercayakan perjalanan ibadah umroh kepada travel umroh resmi yang terdaftar di Kemenag.

LINK DOWNLOAD APLIKASI UMRAH CERDAS (ANDROID) : KLIK DISINI

 

Leave a Reply