Doa Berlindung dari Penyakit Menular Berbahaya seperti Covid-19

Doa Berlindung dari Penyakit Menular Berbahaya seperti Covid-19

TRAVELUMROH.CO.ID – Dunia sedang dilanda wabah penyakit menular virus Corona (Covid-19), tak terkecuali Indonesia. Sebagai umat muslim, alangkah baiknya ikut membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Corona dengan mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan. Dan Islam pun mengajarkan untuk membaca doa berlindung dari segala penyakit berbahaya seperti Covid-19.

Setiap hari masyarakat Indonesia disuguhkan berita tentang jumlah pasien Covid-19 yang terus meningkat. Meski sudah melakukan berbagai upaya pencegahan namun angka peningkatan jumlah pasien Covid-19 tak dapat dihindari.

Kondisi yang seperti ini tentu membuat banyak orang merasa khawatir akan kesehatan dan keselamat diri serta keluarganya. Terutama bagi para orangtua yang memiliki anak-anak dan tinggal di wilayah yang ditetapkan sebagai zona merah.

Meksipun sudah ada upaya vaksin, namun bukan berarti wabah ini telah selesai. Di beberapa wilayah telah ditemukan varian baru virus Corona.

Untuk itu, pemerintah terus mengajak masyarakat agar tetap memathui protokol kesehatan yang telah ditetapkan secara ketat.

Mulai dari menghindari keluar rumah jika tidak terlalu penting, menerapkan pola hidup sehat, dan menjaga kebersihan untuk seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak. Termasuk juga rutin mengenakan masker dan mencuci tangan dengan sabun. Setelah itu semua dilakukan, ikhtiar terpenting yang perlu kita lakukan ialah untuk selalu memanjatkan doa.

Baca juga :  Bacaan Doa Safar Perjalanan Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan

Berdoa menjadi salah satu cara terbaik untuk selalu memohon pelindungan kepada Allah SWT, tak terkecuali dalam berlindung dari wabah penyakit mematikan seperti virus corona ini.

Dikutip dari Syarah Riyadhus Shalihin Jilid 4 dalam hadis Nomor 1484 yang diriwayatkan  Anas r.a, berikut adalah doa yang pernah dibaca Rasulullah ﷺ untuk berlindung dari segala penyakit menular.

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ، والجُنُونِ، والجُذَامِ، وَسَيِّئِ الأسْقَامِ

Allāhumma innī a‘ūdzu bika minal barashi, wal junūni, wal judzāmi, wa sayyi’il asqāmi.

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari penyakit lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit yang buruk.

Setelah semua upaya untuk berlindung dari wabah penyakit seperti virus corona ini sudah dilakukan, serta doa pun sudah dipanjatkan, pasrahkan segalanya kepada Allah SWT dan memintalah untuk diberikan yang terbaik termasuk perlindungan dari bahaya penyakit menular.

Leave a Reply