Doa Menyambut Keutamaan dan Kemuliaan Malam Lailatul Qadar

Doa Menyambut Keutamaan dan Kemuliaan Malam Lailatul Qadar

Pada bulan suci Ramadhan setiap tahun, terdapat satu malam yang dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia, yaitu malam Lailatul Qadar. Karena di malam yang penuh kemuliaan tersebut memiliki keutamaan yang sangat luar biasa, bahkan para ulama menyebutkan terdapat kebaikan setara dengan seribu bulan. Maka dianjurkan kita membaca doa malam Lailatul Qadar untuk mendapatkan keutamaan dan kemuliaan malam tersebut.

Apa itu Malam Lailatul Qadar?

Secara harfiah, Lailatul Qadar berarti malam ketetapan. Malam Lailatul Qadar adalah suatu malam yang dijanjikan oleh Allah SWT dengan berbagai keutamaan dan kemuliaan, karena di malam tersebut kitab suci Al Qur’an diturunkan.

Bahkan keutamaan malam Lailatul Qadar memiliki kebaikan seribu bulan. Tentunya sangat disayangkan bagi umat muslim untuk melewatlan keistimewaan malam yang penuh kemuliaan tersebut.

Tanda-tanda Malam Lailatul Qadar

Tidak ada satu pun manusia yang tahu pasti kapan hadirnya Lailatul Qadar. Sebab kehadiran malam penuh kemuliaan tersebut dirahasiakan oleh Allah. Walau demikian, Anda dapat mengetahui tanda-tanda datangnya malam penuh kemuliaan tersebut.

Mengutip dari NU Online, berdasarkan hadis yang diriwayatkan Aisyah Radhiallahu’anha, Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wassallam memerintahkan :

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِيْ الْوِتْرِ مِنَ الْعَشْرِ الْأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

“Carilah Lailatul Qadar itu pada tanggal ganjil dari sepuluh terakhir pada bulan Ramadhan” (HR. Bukhari).

Diriwayatkan dari Imam Muslim, “Malam itu adalah malam yang cerah, yaitu malam kedua puluh tujuh (dari bulan Ramadan). Dan tanda-tandanya ialah pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru.” (HR. Imam Muslim, 762).

Kemudian, riwayat dari Ibnu Abbas, Rasullulah SAW bersabda: “Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan nampak kemerah-merahan yang begitu menghangatkan dan menenangkan.” (HR. Al Baihaqi).

Dalam hadits riwayat lain menyebutkan:

“…Sesungguhnya tanda Lailatul Qadar adalah malam cerah, terang, seolah-olah ada bulan, malam yang tenang dan tentram, tidak dingin tidak pula panas. Pada malam itu tidak dihalalkan dilemparnya bintang, sampai pagi harinya. Dan sesungguhnya, tanda Lailatul Qadar adalah, matahari di pagi harinya terbit dengan indah, tidak bersinar kuat, seperti bulan purnama, dan tidak pula dihalalkan bagi setan untuk keluar bersama matahari pagi itu.” (HR. Ahmad).

Berdasarkan riwayat hadits tersebut, dapat disimpulkan tanda-tanda malam Lailatul Qadar sebagai berikut :

  1. Datang di sepuluh hari terakhir bulan suci Ramadhan, terutama tanggal ganjil.
  2. Matahari yang terbit di pagi harinya sejuk tidak terlalu panas/redup, menghangatkan dan menenangkan, tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru
  3. Malam kemuliaan tersebut datang dengan suasana malam yang terang seolah-olah ada sinar bulan dan sejuk, tidak mendung, cuaca tidak panas dan juga tidak begitu dingin. Di malam tersebut juga tidak ada penampakan bintang.
  4. Pada saat beribadah malam, dapat merasakan nikmat, tenang dan tentram yang lebih banyak dibandingkan dengan ibadah di malam lainnya.

Keutamaan dan Kemuliaan Malam Lailatul Qadar

Lailatul Qadar merupakan salah satu anugerah Allah Ta’ala untuk umat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam. Kedudukan malam itu semua amal ibadah dilipatgandakan oleh Allah Ta’ala. Sebuah kemuliaan bagi kita sampai Allah memberitahunya di dalam Al-Qur’an yaitu Surah Al-Qadar.

”Sesungguhnya kami telah menurunkannya (Al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu juga gurunya para malaikat – malaikat dan malaikat Jibril dengan ijin tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu penuh (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Q.S. Al-Qadr. 1-5)

Berikut keutamaan malam Lailatul Qadar yang perlu Anda ketahui :

1. Malam Lailatul Qadar merupakan malam diturunkannya Al-Qur’an.

Sesuai dengan firman Allah SWT di surat Al-Baqarah dan Al-Qadr.
“Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Quran…” (Q.S Al-Baqarah: 185)
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Quran) pada malam kemuliaan” (Q.S Al Qadr: 1)

Baca juga :  Bacaan Doa Safar Perjalanan Lengkap Arab, Latin dan Terjemahan

2. Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang lebih baik dari pada seribu bulan.

Allah SWT berfirman:
“Tahukah kamu apa itu lailatul qadar? Lailatul qadar lebih baik daripada seribu bulan.” (Q.S Al-Qadr:2–3)

Para ulama berpendapat bahwa ibadah dan amalan baik yang dilakukan di malam tersebut, akan dibalas dengan pahala yang sangat besar melebihi kebaikan selama seribu bulan.

Oleh karena itu, pada malam kemuliaan tersebut dianjurkan bagi umat muslim melaksanakan ibadah dan amalan baik dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh.

3. Malam Lailatul Qadar merupakan malam yang dipenuhi dengan keberkahan.

Allah SWT berfirman,
“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah, (yaitu) urusan yang besar dari sisi Kami. Sesungguhnya Kami adalah Yang mengutus rasul-rasul.” (Q.S Al-Dukhan: 3-5)

4. Malam Lailatul Qadar adalah malam yang penuh kesejahteraan.

Selain penuh dengan keberkahan, keutamaan malam Lailatul Qadar adalah pada malam kemuliaan tersebut juga dipenuhi dengan kesejahteraan dan kedamaian.

Allah SWT telah berfirman dalam surat Al-Qadr,
“Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Q.S Al-Qadr: 5)

5. Pada malam Lailatul Qadar, para malaikat akan berbondong-bondong turun ke bumi.

Allah SWT berfirman:
Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan.” (Q.S Al-Qadr: 4)

Maka pada malam tersebut dianjurkan bagi umat muslim untuk banyak berdoa.

6. Pada malam Lailatul Qadar, Allah membuka pintu ampunan bagi hamba-Nya

Pada malam kemuliaan tersebut, Allah SWT membuka lebar-lebar pintu ampunan bagi siapa saja yang meminta ampun kepada-Nya.
Seperti yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu’alaihi wassallam bersabda,
“Barangsiapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR. Bukhari, An Nasa’i, dan Ahmad).

Doa Malam Lailatul Qadar

Bagi umat Islam sangat dianjurkan untuk membaca doa malam Lailatul Qadar, yakni doa yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad sebagaimana terdapat dalam hadist dari Aisyah radhiallahu’anha, berikut ini:

عَنْ عَائِشَةَ ، قَالَتْ : قُلْتُ : يَا رَسُولَ اللَّهِ ، أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَيُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا ؟ قَالَ : قُولِي : اللَّهُمَّ إِنَّكَ عُفُوٌّ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Artinya: Saya bertanya kepada Rasulullah, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana menurutmu jika saya mendapati malam lailatul Qadar, apa yang harus aku baca?’ Rasulullah bersabda, ‘Bacalah: Allahumma innaka ‘afuwwun kariimun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni (Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf yang menyukai orang yang meminta maaf, maka maafkanlah aku). (HR. Al-Tirmidzi)

Dari riwayat tersebut, dapat disimpulkan doa malam Lailatul Qadar sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ اِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

Allahumma innaka ‘afuwwun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘anni’

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Dzat Maha Pemaaf, dan menyukai orang yang meminta maaf, maka maafkanlah aku.”

Para ulama mengajarkan jika ingin mendapatkan keutamaan Lailatul Qadar, maka hendaknya kita sebagai umat muslim wajib memperbanyak ibadah selama bulan Ramadhan. Contohnya yaitu:

  1. Mendirikan shalat fardhu lima waktu, lebih baik jika berjamaah.
  2. Mendirikan shalat malam atau qiyamul lail (shalat tarawih, tahajud, dan lainnya).
  3. Membaca Alquran sebanyak-banyaknya dengan tartil.
  4. Memperbanyak dzikir, istighfar, dan berdoa kepada Allah SWT.
  5. Memperbanyak membaca doa malam Lailatul Qadar.

Itulah ulasan tentang malam Lailatul Qadar, semoga setelah mengetahui keutamaan malam Lailatul Qadar, semakin meningkatkan ibadah kita sehingga kita bisa meraih keutamaan bulan Ramadhan.

“Sesungguhnya bulan Ramadhan ini telah menghampiri kalian. Dan di dalamnya terdapat malam yang lebih baik dari seribu bulan. Barangsiapa yang terhalang dari menjumpainya, maka sungguh dia telah terhalang dari seluruh kebaikan. Dan tidaklah terhalang dari menjumpainya kecuali orang-orang yang merugi.” (HR. Ibnu Majah).

Semoga Allah mempertemukan kita dengan malam Lailatul Qadar yang penuh kemuliaan. Aamiin Allahumma Aamiin.

Leave a Reply