Keistimewaan dan Keutamaan Melaksanakan Ibadah Umroh

Keistimewaan dan Keutamaan Melaksanakan Ibadah Umroh

TravelUmroh.co.id – Ibadah umroh memiliki keutamaan bagi yang menunaikannya. Salah satu keistimewaan dan keutamaan umroh adalah diampuni dosa dan dijauhkan dari kemiskinan. Apa benar demikian?

Meskipun bukan yang utama, Ibadah Umroh memiliki keutamaan dan keistimewaan yang tentunya bisa kita peroleh hampir sama seperti berhaji. Ibadah umroh menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang belum berkesempatan berhaji ke tanah suci.

Terlebih di Indonesia, karena kuota terbatas maka antrian porsi haji kini cukup lama, rata-rata 10-15 tahun. Pada kesempatan kali ini, TravelUmroh.co.id menyampaikan beberapa keistimewaan dan keutamaan ibadah umroh yg bisa kita peroleh, diantaranya sebagai berikut :

Umroh dan Haji adalah Jihad Bagi Perempuan

Apabila seorang laki-laki berjihad dengan cara ikut berperang membela agama islam, lalu bagaimana dengan kaum perempuan yang fisiknya cenderung lemah? Tak perlu khawatir. Sebab perempuan diberikan kesempatan berjihad lewat umroh atau melaksanakan haji.Dari Abu Hurairah radhiallaahu anhu, dari Rasulullah shalallaahu alaihi wasalam, beliau bersabda: “Jihad orang yang tua, orang yang lemah dan wanita adalah haji dan umrah.” (HR. An-Nasa’i) Diriwayatkan oleh Ibnu Khuzaimah, ‘Aisyah berkata: “Aku bertutur: ‘Ya Rasulullah, apakah ada kewajiban berjihad bagi kaum wanita?’ Beliau berkata: ‘Bagi wanita adalah jihad yang tidak ada peperangan padanya, yaitu haji dan umrah.” (HR Ibdu Majah, Dishahihkan oleh al-Albani)

Umroh Dapat Menghapus Dosa dan Menjauhkan dari Kefakiran

Beberapa orang sering menunda melakukan umroh dikarenakan biaya yang mahal. Mungkin takut uang tabungan menjadi habis atau masih ragu-ragu. Perlu diketahui bahwa satu dari sekian banyak keutamaan umroh yaitu dapat menghapus dosa dan menjauhkan kemiskinan. Umroh tidak membuat kita jadi fakir atau miskin. Justru dnegan menunaikan umroh, insyaAllah rezeki akan berlipat ganda dan mengalir dengan lancar. Sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam :
“Ikutkanlah umrah kepada haji, karena keduanya menghilangkan kemiskinan dan dosa-dosa sebagaimana pembakaran menghilangkan karat pada besi, emas, dan perak. Sementara tidak ada pahala bagi haji yang mabrur kecuali surga.” (HR. Tirmidzi, dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani)

Allah Menurunkan Limpahan Rahmat

Keutamaan umroh yang lain adalah adanya limpahan Rahmat Allah ketika menunaikan ibadah ke tanah suci, terutama di Masjidil Haram. Allah memberikan limpahan rahmat-Nya yang begitu besar bagi siapapun yang datang dan masuk Masjidil Haram dan beribadah di dalamnya. Sebagaimana yang telah disebutkan pada hadis berikutini, yang artinya:
“Dari Abdullah bin Abbas Radiallahu Anhuma ia berkata : “Rasulullah SAW bersabda, Sesungguhnya dalam setiap hari, siang dan malam, seratus dua puluh rahmat Allah SWT turun diatas Kakbah. Enam Puluh diantaranya untuk orang-orang yang tawaf, 40 untuk orang yang shalat, dan 20 untuk untuk orang yang memandanginya.” (Ibnu Ady dan Bayhaqi, Durrul Mantsur )

Baca juga :  Hukum Menunaikan Umrah Dengan Biaya Hasil Berhutang

Allah Menjanjikan Pahala Berlimpah

Jika solat fardhu atau sunnah sendirian biasanya kita memperoleh pahala 1, dan saat berjamaah kita mendapatkan 7. Berbeda dengan solat di tanah suci saat haji atau umroh, pahalanya dilipatgandakan. Pahala solat di masjid Nabawi bisa bernilai 1000 kali lipat. Sedangkan di Masjidil Haram 100.000 kali lipat. Bisa dibayangkan kan, betapa luar biasanya keutamaan solat di tanah suci. Solat bertahun-tahun pun sulit bagi kita mengumpulkan pahala sebegitu banyaknya.
Dari Jabir bin ‘Abdillah “Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama daripada 1000 shalat di masjid lainnya selain Masjidil Harom. Shalat di Masjidil Harom lebih utama daripada 100.000 shalat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah,. Dishahihkan oleh Syaikh Al Albani).

Nah, sekarang sudah tahu kan keistimewaan dan keutamaan melaksanakan ibadah umroh. Setelah kita mengetahui apa yang akan Allah berikan kepada kita ketika melaksanakan ibadah umroh, mudah-mudahan yang sebelumnya kita beranggapan biaya umroh itu mahal, ternyata biaya umroh itu sangat murah.

Tak sepantasnya kita menjadikan biaya umroh sebagai alasan untuk tidak menunaikan ibadah ke tanah suci. Karena apa yang Allah berikan jauh lebih bernilai, tak sebanding dengan biaya yang kita keluarkan untuk ke tanah suci.

Terlebih lagi jika kita ke tanah suci menggunakan jasa travel umroh terbaik, selain menunaikan rukun umroh, kita juga akan diajak berkunjung ke Masjid Nabawi, dimana sholat di Masjid Nabawi bernilai 1.000 kali lipat dibanding sholat di masjid lain, selain Masjid Aqsa dan Masjidil Haram. Kita juga bisa ziarah ke makam baginda Rasulullah shalallahu alaihi wassalam.

Ada satu masjid bersejarah,yakni Masjid Quba Madinah, juga memiliki keutamaan dan keistimewaan. Ketika kita berkunjung ke masjid tersebut sudah dalam keadaan berwudhu kemudian melaksanakan sholat didalam masjid tersebut, maka senilai dengan pahala menunaikan ibadah umroh. Mashaa Allah…sangat istimewa kan?!

Sudah sepatutnya kita rencanakan perjalanan ibadah ke tanah suci, untuk meraih pahala-pahala berlimpah, tentunya bersama orang-orang yang kita cintai.

Leave a Reply