Ketahui Perbedaan Haji dan Umroh Sebelum Anda Menunaikannya

Ketahui Perbedaan Haji dan Umroh Sebelum Anda Menunaikannya

Menjadi umat beragama Islam mengharuskan pemahaman terhadap perbedaan haji dan umroh dengan benar. Kedua hal itu merupakan aktivitas ibadah yang dilaksanakan di Kota Suci Mekkah. Walaupun begitu, keduanya adalah sesuatu berbeda. Perbedaan utama dari kedua aktivitas ibadah tersebut dilihat dari hukumnya.

Haji menjadi salah satu rukun Islam kelima. Sifatnya wajib untuk umat berkemampuan finansial lebih, sedangkan umroh bersifat sunnah muakkad. Perbedaan lain yakni waktu dilakukannya. Ibadah ini hanya ditunaikan di waktu tertentu saja. Pada awal Bulan Syawal sampai dengan Bulan Dzulhijjah (hari raya Idul Adha).

Sedangkan umroh dilaksanakan kapan pun dalam setahun. Waktu pelaksanaannya tidaklah selama ibadah haji. Perbedaan terakhirnya jelas pada rukunnya. Ketika melaksanakan ibadah, jamaah wajib berniat ihram, melakukan wukuf di Arafah, thawaf berkeliling Ka’bah, Sa’i di Shofa dan Marwah, serta mencukur rambut. Sedangkan umroh tanpa wukuf.

Tips Mengumpulkan Dana untuk Umroh Agar Tidak Terlalu Berat

Biaya haji yang semakin meningkat setiap tahunnya, mewajibkan umat Muslim perlu mengumpulkan dana tambahan. Jauhnya jarak negara asal dengan tujuan haji juga ikut mempengaruhi mahalnya biaya. Beberapa aturan bahkan melarang jamaah meminjam uang untuk membayar biaya perjalanan ibadah. Maka dari itu, mulailah menabung dari sekarang.

Cara lain yang bisa dilakukan adalah mendaftar secepatnya. Dikarenakan kuota terbatas, pastikan melakukan pendaftaran sedini mungkin. Di negara Indonesia, masa tunggu haji reguler umumnya memakan waktu hingga 10 tahun atau lebih. Bila telah berhasil menabung dalam jumlah banyak, Anda dapat memilih jadwal keberangkatan secara langsung.

Pemerintah Negara Arab Saudi mempunyai daftar agensi atau biro di tiap-tiap negara yang berwenang dalam mengatur perjalanan haji ataupun umroh. Daftar agensi terpercaya dapat dilihat melalui situs resmi kedutaan Arab Saudi untuk negara tertentu. Atau melalui website Samirad Saudi.

Pertimbangkan untuk melakukan pemilihan terhadap biro travel terpercaya dan berpengalaman. Perusahaan penyedia jasa yang baru beidiri tanpa disertai reputasi baik rawan mengakibatkan kekecewaan klien. Bagi para mualaf, pastikan Anda mengetahui perbedaan haji dan umroh, serta didampingi oleh orang-orang terpercaya pula, agar mendapat pembimbingan secara tepat.

Baca juga :  Shalat Sunnah dan Doa Sesudah Tawaf yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa negara bahkan menyediakan sponsor perjalanan haji atau bisa disebut dengan istilah subsidi. Hal itu sudah termasuk diskon besar untuk tiket penerbangan. Di beberapa negara mayoritas penduduk Islam, kemungkinan besar pasti terdapat golongan dermawan pemberi subsidi.

Pada pelaksanaan haji maupun umroh, jamaah akan menempuh jarak sekitar 10 hingga 12 kilometer menuju Padang Arafah kemudian kembali ke Mekkah dengan jarak yang sama. Aktivitas lain seperti thawaf, membutuhkan banyak energi untuk berkeliling mengitari Ka’bah. Sebaiknya Anda juga turut menyiapkan kesehatan serta kebugaran tubuh.

Memilih Biro Travel Umroh dah Haji Murah dan Amanah Serta Terpercaya

FTI – PT Ary Musthafa Tour menyediakan pelayanan berkualitas pada seluruh jamaah umroh dan haji. Dimulai dari ketika pendaftaran, mengurus berkas, proses keberangkatan, proses ibadah, hingga kepulangan kembali ke tanah air. Dengan biaya umroh murah terjangkau dan fasilitas terbaik, kami siap memberikan pelayanan terbaik.

Sebagai Perusahaan Penyelenggara Ibadah Umroh (PPIU), Kami adalah biro travel umroh resmi, sudah terdaftar di Kementrian Agama nomor U97 Tahun 2020 – PT Musthafa Ary Tour. Menyediakan beragam opsi paket dengan biaya sangat terjangkau disertai pelayanan terbaik.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Whatsapp 0821 1811 7776 atau 0821 3056 2251. Tersedia paket umroh untuk mewujudkan impian Anda ke Tanah Suci. Memilih biro travel yang tepat membantu Anda mengetahui perbedaan haji dan umroh serta berkunjung ke destinasi sejarah seperti Masjid Quba Madinah dan lain-lain.

Leave a Reply