Mengintip Museum Al-Shareef di Arab Saudi yang Tawarkan Perjalanan ke Masa Lampau

Mengintip Museum Al-Shareef di Arab Saudi yang Tawarkan Perjalanan ke Masa Lampau

Arab Saudi memiliki banyak destinasi wisata terkenal, salah satunya Museum Al-Shareef yang berada di Taif. Taif merupakan kota yang berada di Mekkah.

Para tamu yang mengunjungi Museum Al-Shareef seperti diajak berkelana kembali ke masa lalu. Mereka bisa melihat beragam artefak, perabotan, dan lukisan, melansir dari Arab News, Selasa, 10 Agustus 2021.

Pengunjung yang berkeliaran di sekitar aula museum milik pribadi dapat belajar tentang sejarah kawasan selama satu abad terakhir, pengalaman yang dilengkapi dengan informasi dari pemandu wisata khusus, yang dilisensikan oleh Otoritas Pariwisata Saudi (STA).

Selama lebih dari 30 tahun, pemilik museum telah melakukan perjalanan melintasi Kerajaan untuk mengumpulkan berbagai artefak untuk ditempatkan di dalam fasilitas. Museum ini memiliki luas lantai 6.000 meter persegi.

Tempat tersebut dibangun dari batu tua dengan talang hujan yang muncul dari atap. Wisatawan juga akan menemukan pintu kayu yang berbeda yang dihiasi dengan embel-embel besi, yang memberikan bangunan gaya arsitektur masa lalu bersama dengan lentera yang menggantung di setiap rumah untuk menerangi lorong-lorong museum.

Tujuan Wisata

Pasar museum menampilkan hadiah, barang antik, dan pakaian yang mewakili kostum tradisional rakyat. Di salah satu sudut pasar, sejumlah perajin, pemahat, tukang kayu, dan penjahit dapat ditemukan mengerjakan berbagai proyek karena mereka selalu antusias menawarkan suvenir kepada pengunjung.

Semua fitur unik ini memenuhi syarat kegubernuran Taif untuk menjadi salah satu dari 11 tujuan wisata yang diumumkan oleh Otoritas Pariwisata Saudi melalui platform “Visit Saudi Arabia”. Pihak berwenang meluncurkan Program Musim Panas Saudi 2021 di bawah slogan “Musim Panas Kami, Suasana Hati Anda,” dari 24 Juni hingga akhir September 2021.

Baca juga :  Masjid Ijabah, Saksi Sejarah Dikabulkannya 2 dari 3 Doa Rasulullah ﷺ

Museum ini didirikan pada 1422 Hijriah atau pada 2001. Sejak didirikan museum ini banyak dikunjungi para wisatawan dari berbagai negara.

Kampanye Musim Dingin

Sebelumnya, Arab Saudi berkampanye dengan slogan “Musim Dingin Ada di Sekitar Anda” hingga akhir Maret 2021. Paket tersebut disediakan oleh lebih dari 200 agen pariwisata.

Tim Safari Al-Ahsa dengan 100 anggota, mempromosikan pariwisata di bagian Timur dengan berfokus pada pengalaman di gurun. Mereka juga menjelajahi warisan dan monumen kawasan, dan berbagi atraksi alam serta iklimnya yang beragam.

Wisatawan juga bisa menikmati kunjungan ke situs alam dan arkeologi, termasuk Danau Al-Asfar, Gurun Al-Fanajeel, Jabal Al-Arba’a, Al- Dataran Tinggi Bassal, dan Empty Quarter. Harga paket wisatanya bervariasi sesuai dengan layanan yang disediakan, termasuk transportasi, kamp gurun, menunggang kuda dan unta, panahan, ski pasir, paralayang, dan ekspedisi fotografi kendaraan roda empat ke bukit pasir.

Leave a Reply