Meraih Pahala Haji dengan Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan

Meraih Pahala Haji dengan Keutamaan Umroh di Bulan Ramadhan

TRAVELUMROH.CO.ID – Menunaikan ibadah umroh adalah impian setiap muslim di seluruh dunia. Seperti kita ketahui, ada keutamaan ibadah umroh. Namun, sebagaimana amalan ada yang memiliki keistimewaan jika dilakukan pada waktu tertentu, demikian pula umroh. Ada keutamaan dan keistimewaan jika menunaikan umroh di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah. Segala ibadah dan kebaikan yang ada di dalamnya akan dibalas dengan pahala yang berlipat ganda. Abu Hurairah berkata bahwa Nabi Muhammad ﷺ bersabda :

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ

“Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat……………” [HR. Bukhari]

Menunaikan umroh di bulan suci pasti akan terasa lebih berat karena kita harus menjalani berbagai aktifitas ibadah sambil berpuasa.

Akan tetapi, dibalik itu semua terdapat ganjaran dan keutamaan yang sangat besar. Imam Al-Qurtubi mengatakan bahwa sesungguhnya besarnya umroh di bulan suci itu disebabkan oleh kemuliaan bulan Ramadhan, dan karena banyaknya cobaan (rintangan) dalam melaksanakan amalan umroh di saat puasa.

Jamaah yang sedang berbuka puasa disela-sela umroh bulan Ramadhan

Umroh saat bulan suci memiliki nilai pahala yang lebih tinggi dibandingkan di bulan lain, bahkan pahalanya dapat disandingkan dengan pahala haji. Apa benar demikian? Lantas apa kata hadits mengenai keutamaan dan keistimewaan umroh di bulan Ramadhan.

Pahala Umroh Di Bulan Ramadhan Sama Dengan Haji

Banyak umat muslim berlomba-lomba untuk beribadah di bulan Ramadhan karena bulan tersebut adalah waktu yang istimewa bagi umat Islam.

Pada bulan Ramadhan pahala ibadah menjadi berlipat ganda dan pahala umroh menjadi sama seperti pahala haji. Dalam riwayat Ibnu Abbas, Rasulullah ﷺ pernah bertanya kepada salah seorang wanita anshar,

Apakah ada yang menghalangi engkau untuk berhaji bersama kami?

Maka wanita tersebut menjawab,

Tidak ada yang kami miliki selain dua ekor unta. Pergi berhajilah bapak dan seorang anaknya dengan menunggang seekor unta, dan mereka meninggalkan kepada kami seekor unta lagi untuk kami tunggangi.

Maka Rasulullah ﷺ pun bersabda :

Apabila telah datang bulan Ramadhan, maka berumrohlah karena sesungguhnya berumroh di bulan Ramadhan itu sama pahalanya dengan Haji” (HR. Bukhari dan Muslim)

Umroh di Bulan Ramadhan Sama Seperti Pahala Haji Bersama Rasulullah ﷺ

Menunaikan ibadah umroh di bulan Ramadhan memiliki keistimewaan senilai pahala haji bersama Rasulullah ﷺ. Dalam riwayat lain dikatakan bahwa,

Sesungguhnya berumroh di bulan Ramadhan sama halnya dengan pahala haji bersamaku (mengikuti panduan sunahku)” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ibnu Al-Arabiy menjelaskan,

Baca juga :  Kemenag Akan Evaluasi Kebijakan Terkait Penyelenggaraan Umroh

Hadits berkenaan dengan umroh adalah shahih, dan itu merupakan karunia dan nikmat dari Allah, dimana kedudukan pahala berumroh adalah sama halnya dengan pahala haji apabila dilakukan di bulan Ramadhan.

Keutamaan dan keistimewaan umroh di bulan Ramadhan itu lah yang mendorong umat muslim berlomba-lomba untuk menunaikan ibadah umroh di bulan suci yang penuh berkah. Meskipun umroh di bulan lain juga memiliki keutamaan, namun sebagian besar umat muslim memilih umroh di bulan Ramadhan, karena diyakini mendapat keistimewaan seperti haji bersama Rasulullah ﷺ.

Namun, yang perlu digaris bawahi disini adalah meskipun umroh di bulan suci memiliki keutamaan dan keistimewaan pahala setara haji, hal tersebut tidak menggugurkan kewajiban seorang muslim untuk melaksanakan ibadah haji.

Leave a Reply