Setelah Terhenti 2 Tahun, Masjid Nabawi Kembali Gelar Buka Puasa Bersama Ramadan

Setelah Terhenti 2 Tahun, Masjid Nabawi Kembali Gelar Buka Puasa Bersama Ramadan

MADINAH, TravelUmroh.co.id – Masjid Nabawi di Kota Madinah, Arab Saudi, akan menggelar buka puasa bersama selama Ramadan tahun ini. Kegiatan itu sempat dihentikan selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19.

Badan Urusan Masjid Nabawi, seperti dikutip dari Saudi Gazette, Jumat (14/1/2022), menyatakan buka puasa di halaman Masjid Nabawi akan diadakan di bawah protokol kesehatan ketat untuk mencegah penularan virus corona. Hanya orang-orang memiliki izin yang boleh menyebarkan makanan buka puasa di setiap sofra atau ‘meja’ hidangan. Setiap sofra hanya boleh diisi lima orang, dibandingkan 12 dalam kondisi normal.

Namun jumlah pasti jemaah yang diperbolehkan untuk ikut buka puasa bersama belum ditentukan, menunggu kondisi pandemi saat Ramadan.

Selain itu para dermawan yang akan menyediakan makanan buka puasa harus melapor terlebih dulu dan membuat kontrak dengan perusahaan katering yang ditunjuk. Mereka yang memiliki izin sebagai penyedia makanan berbuka puasa harus memperbarui data mulai awal 2 Februari 2022.

Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci menangguhkan penyebaran sofra buka puasa dan iktikaf di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi selama 2 tahun sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan. Namun, kepresidenan tetap menyediakan makanan buka puasa dengan cara membagikan langsung ke setiap jemaah Masjidil Haram. Isinya hanya air mineral kemasan dan kurma.

Baca juga :  Ribuan Jamaah Umroh Mulai Penuhi Masjidil Haram

Sebelum merebaknya pandemi, buka puasa bersama merupakan aktivitas rutin tahunan yang diikuti ratusan ribu jemaah setiap hari, bukan hanya dari Arab Saudi, tapi juga peziarah dari banyak negara.

Sofra berbuka puasa di Masjid Nabawi dianggap sebagai meja makan terpanjang di dunia. Di atasnya tersaji kurma, roti, yoghurt, kopi Arab, dan air minum kemasan. Hidangan berat seperti kabsa, nasi mandi, daging, serta buah-buahan dan jus juga disajikan di masjid maupun halaman teduh di sekitar masjid.

Menurut beberapa sumber, ada sekitar 30.000 sofra yang disebar di Masjid Nabawi serta 63.000 di halaman teduh selama Ramadan sebelum pandemi.

Leave a Reply