Syarat dan Panduan Cara Membuat Paspor Umroh Online dengan APAPO

Syarat dan Panduan Cara Membuat Paspor Umroh Online dengan APAPO

TRAVELUMROH.CO.ID – Salah satu persyaratan dokumen pelengkap untuk berangkat menunaikan ibadah umroh adalah Paspor. Tidak sedikit calon jamaah umroh yang mengalami kesulitan saat mengurus dokumen paspor, termasuk perihal syarat pembuatan paspor umroh. Padahal ada cara membuat Paspor Umroh secara online dengan mudah, dengan bantuan aplikasi APAPO.

Menunaikan ibadah rukun umroh ke tanah suci merupakan salah satu impian tiap muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Namun, untuk melengkapi persyaratan keberangkatan ke tanah suci, jamaah harus memiliki Paspor Umroh. Disamping sebagai identitas, paspor berguna demi keamanan dan kenyamanan jamaah umroh selama di tanah suci.

Biasanya perusahaan atau biro umroh dimana tempat jamaah melakukan pendaftaran akan memberikan layanan pendampingan selama pembuatan passpor hingga selesai.

Akan tetapi perlu diketahui juga, masih banyak perusahaan umroh yang tidak memberikan pendampingan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk daftar umroh, pilihlah travel umroh yang memberikan layanan pendampingan jamaah dalam membuat paspor.

Namun jangan khawatir jika Anda ternyata tidak mendapatkan layanan pendampingan dari biro umroh tempat Anda daftar. TravelUmroh.co.id akan memberikan panduan cara membuat paspor umroh online dengan bantuan aplikasi APAPO.

Apa itu Paspor Umroh ?

Paspor adalah dokumen perjalanan yang dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara kepada warganya yang memverifikasi identitas dan kewarganegaraan pemegangnya untuk tujuan perjalanan internasional. Di negara kita, paspor dikeluarkan oleh Ditjen Imigrasi.

Jenis-jenis Paspor

Ada 3 (tiga jenis) paspor yang dikeluarkan oleh Ditjen Imigrasi, yang mana paspor tersebut dibedakan peruntukannya. Hal ini perlu Anda ketahui terlebih dulu, untuk menghindari kesalahan pembuatan paspor. Dalam kewenangannya, Ditjen Imigrasi mengeluarkan 3 janis paspor sesuai peruntukannya, yaitu Paspor Biasa, Paspor Dinas, dan Paspor Diplomatik.

3 Jenis Paspor

Paspor Biasa (Warna Hijau)

Paspor ini paling banyak dimiliki oleh warga negara Indonesia. Umumnya digunakan turis untuk keperluan wisata. Termasuk juga untuk umroh. Anda bisa menggunakan paspor jenis ini.

Paspor biasa ada berbentuk fisik dan paspor elektronik atau e-passport. Masa berlaku paspor biasa ini adalah 5 tahun. Jadi, Anda perlu memperbaharui atau memperpanjang masa berlakunya sebelum habis supaya bisa digunakan.

Paspor hijau ini ada dua jenis yakni paspor biasa berjumlah halaman 24 dan 48. Secara fungsi, sama saja. Ada yang beranggapan kalau paspor dengan 24 halaman khusus untuk TKI, padahal tidak.

TKI membuat paspor ini karena kemungkinan frekuensi untuk berpindah negara hanya beberapa tahun sekali. Jadi mereka membuat paspor jenis ini.

Jika Anda tidak sering bepergian ke luar negeri, boleh saja membuat paspor 24 halaman. Namun, jika Anda tergolong sering melakukan perjalanan ke luar negeri, termasuk untuk melakukan perjalanan ibadah umroh sebaiknya Anda membuat paspor 48 halaman.

Paspor Dinas (Warna Biru)

Paspor ini adalah paspor yang biasanya dikeluarkan untuk ASN (Aparatur Sipil Negara) dan pejabat pemerintahan Republik Indonesia.

Paspor ini dibuat untuk tujuan tertentu, dengan melampirkan persyaratan yang dibutuhkan, misalnya surat kelulusan beasiswa, LoA (Letter of Acceptance), surat izin atasan, guarantee letter, SP Setneg, dan lain-lain.

Jadi, tidak sembarang orang bisa mengantongi paspor dinas ini.

Paspor Diplomatik (Warna Hitam)

Ini adalah jenis paspor yang lebih istimewa lagi. Paspor diplomatik hanya diperuntukkan bagi:

    • Duta Besar kuasa penuh atau ambassador
    • Duta atau gerzant (lebih rendah pangkatnya dari duta besar)
    • Menteri Residen
    • Kuasa Usaha atau charge d’affair
    • Atase atau pembantu duta besar kuasa penug (atase pertahanan dan atase teknis)

Paspor diplomatik memiliki keistimewaan yakni yang memegang paspor ini punya previllege dan hak imunitas dalam pergaulan internasional. Maksudnya, pemegang paspor ini punya kekebalan terhadap pemeriksaan dokumen, surat menyurat dan arsip.

Baiklah, sekarang kita akan membahas cara membuat paspor umroh online, namun sebelumnya siapkan terlebih dahulu persyaratan yang wajib kita lampirkan saat datang ke kantor Imigrasi.

Syarat Pembuatan Passpor Umroh

Syarat Pembuatan Paspor Umroh

Sebelum Anda datang ke kantor Imigrasi untuk membuat paspor umroh, pastikan Anda sudah mempersiapkan dokumen-dokumen persyaratan yang wajib disertakan. Adapun dokumen syarat pembuatan paspor umroh adalah sebagai berikut :

  1. eKTP asli dan fotokopi 1 lembar
  2. KK (Kartu Keluarga) asli dan fotokopi 1 lembar
  3. Akta Lahir / Buku Nikah / Ijasah. Dari 3 dokumen tersebut, Anda boleh pilih salah satu saja sebagai pendukung akurasi data nama, tempat dan tanggal bulan tahun lahir, serta nama orang tua. Anda siapkan dokumen asli dan fotokopi 1 lembar.
  4. Surat rekomendasi Kantor Kemenag sesuai domisili KTP. Syarat dokumen ini berlaku bagi pemohon usia dibawah 50 tahun, sedangkan pemohon dengan usia diatas 50 tahun, PNS/ASN, TNI, Polri, tidak memerlukan dokumen surat rekomendasi Kantor Kemenag.
    Untuk mendapatkan Surat Rekomendasi Kemenag, Anda harus meminta surat pengantar dari travel umroh, untuk lengkapnya bisa konsultasi ke travel umroh dimana Anda daftar.
  5. Surat rekomendasi dari biro perjalanan umroh / travel umroh. Setiap travel umroh pastinya akan memberikan surat rekomendasi untuk memudahkan jamaahnya membuat paspor umroh.
  6. Jika Anda memiliki paspor lama yang sudah kadaluarsa, wajib disertakan fisik dan fotokopi nya.
  7. Bagi PNS/ASN, TNI, Polri atau karyawan BUMN, menyertakan surat rekomendasi dari atasan.
  8. Materai 6.000
Baca juga :  Arab Saudi Izinkan Jamaah Indonesia Umroh Jika Syarat Ini Dipenuhi

Nah, setelah semua syarat pembuatan paspor umroh sudah Anda siapkan, saatnya memulai proses pengajuan permohonan pembuatan paspor umroh. Namun, untuk melakukan pengajuan permohonan pembuatan paspor, Anda tidak bisa datang langsung ke kantor Imigrasi. Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Jangan khawatir, pendaftarannya dilakukan secara online kok, tentnu sangat mudah dengan adanya aplikasi APAPO yang dikeluarkan oleh Ditjen Imigrasi.

Cara Mengajukan Permohonan Pembuatan Passpor Umroh Online

Untuk mengajukan permohonan pembuatan paspor, Anda tak perlu langsung datang ke kantor Imigrasi. Anda bisa melakukan pengajuan secara online dengan aplikasi APAPO.

Layanan Paspor Umroh Online

Apa itu APAPO ?

APAPO merupakan singkatan dari Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online, yang mana aplikasi tersebut disediakan oleh Ditjen Imigrasi untuk memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik bagi para pemohon.

Download Aplikasi APAPO

Aplikasi APAPO bisa Anda download di Playstore bagi yang menggunakan Android, dan AppStore bagi Anda yang menggunakan iOS Apple, silahkan cari dengan nama Paspor Online

Tampilan aplikasi APAPO / Layanan Paspor Online di Google Playstore

 

Cara Mengajukan Permohonan Pembuatan Paspor Online dengan APAPO

Setelah Anda memastikan kelengkapan dokumen syarat pembuatan paspor umroh sudah siap, dan aplikasi sudah Anda download dan instal di smartphone Anda, langkah berikutnya adalah mengajukan permohonan pembuatan paspor online dengan APAPO. Dengan aplikasi ini kita akan mengajukan antrian secara online, jadi kita tidak perlu datang ke kantor Imigrasi untuk daftar.

Berikut cara daftar antrian paspor online dengan APAPO :

  1. Buka aplikasi Layanan Antrian Online / APAPO yang sudah Anda instal di smartphone Anda.
  2. Beri tanda centang dan tekan tombol Konfirmasi, hingga muncul halaman loginLayanan Paspor Umroh OnlineLayanan Paspor Umroh Online
    Layanan Paspor Umroh Online
    Tampilan Halaman Login Aplikasi Antrian Onnline (APAPO)

     

  3. Setelah muncul tampilan halaman login seperti diatas, Anda bisa login menggunakan akun Google/GMail atau Facebook Anda.
  4. Jika akun email atau facebook Anda belum pernah terdaftar di aplikasi ini, akan ada notifikasi pemberitahuan bahwa akun email Anda belum terdaftar, dan Anda diharuskan melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu dengan cara mengisi formulir yang telah disediakan.
    Perlu diketahui, formulir pendaftaran akun ini bukanlah pendaftaran antrian online, akan tetapi pendaftaran akun supaya bisa mengakses aplikasi.
  5. Setelah Anda login atau berhasil melakukan pendaftaran akun aplikasi, maka akan tampil halaman beranda utama aplikasi APAPO seperti berikut :Paspor Umroh Online
  6. Pilih menu Antrian Paspor, kemudian Anda akan diminta untuk memilih Kantor Imigrasi. Pilihlah Kantor Imigrasi yang terdekat dengan domisili Anda, atau yang ingin Anda pilih untuk membuat paspor umroh. Kemudian tekan tombol PILIH KANTOR

    Cara Membuat Paspor Umroh Online
    Tampilan Langkah 1 – Memilih Kantor Imigrasi

  7. Langkah berikutnya, Anda akan disuguhkan formulir Antrian Paspor.
    Jumlah Pemohon, isikan berapa pemohon yang ingin didaftarkan. Maksimal 5 pemohon, termasuk Anda sebagai pemilik akun aplikasi.
    Tanggal Kedatangan, pilih tanggal yang ingin Anda agendakan datang ke Kantor Imigrasi. Pada saat memilih tanggal, jika tanggal tersebut berwarna hijau, artinya antrian masih tersedia.
    Waktu Kedatangan, tentukan waktu jam kedatanganCara Bikin Paspor OnlineCara Membuat Paspor OnlineSetelah semua diisi, tekan tombol LANJUT 
  8. Langkah berikutnya adalah mengisi formulir Data Pemohon dengan lengkap sesuai data KTP Pemohon.
  9. Setelah Data Pemohon diisi dengan lengkap, maka proses nya sudah selesai. Anda akan mendapatkan Kode Antrian berupa Barcode.seperti berikut :

    Contoh Kode Booking Antrian Paspor

 

Kesimpulan

Dengan adanya aplikasi APAPO dari Ditjen Imigrasi, tentunya akan memudahkan kita dalam mengurus paspor umroh. Pastinya dengan mengikuti panduan cara membuat paspor umroh online akan semakin mudah tanpa harus datang ke kantor Imigrasi untuk daftar antri.

Leave a Reply