Umroh Tahun 2021 Kembali Ditunda, Arab Saudi Berikan Alasannya

Umroh Tahun 2021 Kembali Ditunda, Arab Saudi Berikan Alasannya

TravelUmroh.co.id – Kabar terbaru terkait pelaksanaan ibadah umroh untuk tahun 2021 disampaikan Arab Saudi, bahwasannya kegiatan ibadah umroh kembali ditunda hingga libur Idul Fitri.

Seperti diketahui, sebelumnya Pemerintah Arab Saudi sempat menghentikan sementara ibadah umroh demi menekan sebaran Covid-19.

Sempat diumumkan pula Pemerintah Arab Saudi perlu menunggu hingga situasi menjadi lebih aman bagi para jamaah umroh.

Berdasarkan data yang sempat disampaikan, setiap tahun sekitar 7 juta umat muslim dari seluruh dunia melakukan ibadah umroh. Jutaan jamaah ini mayoritas masuk atau keluar wilayah Arab Saudi melalui bandara di Madinah atau Jeddah.

Atas dasar itu, Pemerintah Arab Saudi menunda sementara ibadah umroh sebab memiliki potensi penyebaran Covid-19 cukup tinggi.

Menyikapi hal tersebut, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) juga kala itu telah meminta para pengelola biro perjalanan umroh proaktif mengelola informasi kepada para jamaahnya.

Dikutip TravelUmroh.co.id dari Antara, kini Otoritas Arab Saudi kembali memberikan informasi menunda ibadah umroh setelah libur lebaran atau Idul Fitri pada tahun ini.

Baca juga :  Bacaan Doa Ketika Masuk Masjidil Haram Lengkap dengan Artinya

Alasan dari adanya penundaan umrah ini diungkapkan Otoritas Arab Saudi lantaran percepatan normalisasi pasca pandemi yang lebih lamban.

Hal tersebut pun kabarnya sempat diumumkan pejabat agama Turki melalui pernyataan Selasa 9 Maret 2021 lalu.

Sebagai informasi, Hari Raya Idul Fitri yang dilaksanakan setelah bulan suci Ramadhan tahun ini berakhir pada pertengahan Mei 2021.

Direktorat Agama Turki mengeluarkan pernyataan tersebut sebagai respons atas berbagai pertanyaan dari masyarakat mengenai haji dan umroh tahun ini. Setelah ibadah keduanya ditiadakan sementara tahun lalu akibat pandemi Covid-19.

Disebutkan pula bahwa perundingan dengan Kementerian Haji dan Umroh Arab Saudi untuk 2021 masih berlangsung. Sehingga, setiap keputusan yang telah ditetapkan otoritas setempat akan diumumkan kepada masyarakat.

Leave a Reply